Mengatasi Lingkaran Hitam Pada Mata

Published on: Oct 25 2013 by dsaks

 

Ketika harus tampil cantik, memiliki lingkaran hitam di bawah mata memang sangat mengganggu. Ada beberapa cara untuk menghilangkan noda hitam di wajah yang membandel itu. Lingkaran hitam di bawah mata memang menjadi problem sebagian besar wanita untuk tampil cantik. Hal ini disebabkan oleh beberapa macam faktor, seperti kurang tidur, kelelahan, terlalu lama menatap layar komputer atau penat dengan tugas menumpuk yang berakibat menimbulkan stress. Begitu pula bila terserang penyakit serta kekurangan nutrisi dan pola diet yang terlalu ketat.Untuk menghilangkan noda tersebut, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu coba.

  • Mentimun: bersihkan dahulu wajah, kemudian berbaringlah dan letakkan potongan timun yang telah terlebih dahulu didinginkan ke area sekitar kelopak mata. Rileks dan gosokkan potongan timun dengan lembut selama 15 menit. Kemudian bilaslah. Timun memang memberikan pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan, tak hanya untuk mengurangi lingkaran hitam atau noda lebam di mata, tapi juga dapat menghaluskan kulit wajah.
  • Es Batu: bersihkan wajah kemudian letakkan es batu sesuai ukuran mata yang telah dibungkus oleh kain tipis di mata. Rileks dan gosok-gosoklah dengan lembut. Manfaat dari terapi ini untuk menghilangkan noda mata akibat terbakar sinar matahari.
  • Labu Hijau: Sebagai pengganti timun, kamu juga dapat menggunakan labu hijau untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah kelopak mata. Dalam bentuk jus pun, labu hijau diyakini dapat memberikan manfaat untuk menghaluskan serta mencerahkan kulit wajah. Lakukan secara rutin dan kamu akan terbebas dari bayang-bayang hitam tersebut.

Selain tips-tips yang telah disebutkan di atas, ada pula hal-hal umum yang wajib kamu lakukan untuk atasi lingkaran hitam di sekitar mata:

  •  Usahakan Anda tidur minimal 8 jam sehari. Kurang tidur menyebabkan mata Anda lelah sehingga memicu terbentuknya kantong hitam di bawah mata.
  • Jika ingin memakai krim mata maka pilihlah krim yang mengandung vitamin C dan E dan diformulasikan khusus untuk area mata.
  • Cukupi kebutuhan tubuh anda akan cairan, minum sedikitnya 8 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat memicu munculnya lingkaran hitam pada mata anda.
  • Hindari minuman yang mengandung soda dan kafein. Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang dapat membuat bagian sekitar mata terlihat membengkak dan berwarna lebih gelap. Kafein mengganggu penyerapan air dalam tubuh sehingga memicu dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan racun dalam tubuh tidak terbuang sempurna serta mempengaruhi warna kulit, termasuk di sekitar mata menjadi lebih gelap.
  •  Gunakan masker kentang untuk mengurangi warna hitam di area bawah mata. Di dalam kentang terkandung enzim catecholase yang dapat membantu menyamarkan lingkar mata yang menghitam. Potong kentang yang sudah didinginkan dan bentuk sesuai dengan bentuk lingkaran bawah mata. Tempelkan potongan kentang tersebut di area bawah mata sekitar 20 menit.
  •  Haluskan daun mint kemudian oleskan ke area di bawah mata dan biarkan selama 20 menit.
  • Saat make up, aplikasikan concealer untuk menutupi lingkaran hitam di area bawah mata. Sebaiknya aplikasikan concealer tipis-tipis setelah menggunakan alas bedak agar tidak membuat kerutan di bawah mata.
  • Rendamlah kantong teh yang sudah dipakai dalam air dingin kemudian kompreskan ke area di bawah mata. Cara ini diyakini efektif menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata.

Semoga bermanfaat!

Filed under: Beauty, Blog

2 Comments to “Mengatasi Lingkaran Hitam Pada Mata”

  1. Rim-a says:

    Hi Dsaks/Diana. Can’t u put this topic in english. I’m really curious about its contents. Thank u and may Allaah bless u. // Ur Arabian/Swedish fan ♡♡

  2. rara says:

    mbak Dsaks !!! share terus tips kecantikan ya. manfaat bgt. aku hobi mantengin ig dan blogmu.

Leave a Reply

*

*